Tuesday, February 28, 2017

7 Cara Menurunkan Berat Badan Cepat Tanpa Olah Raga

----iklan di bawah judul---
7 cara menurunkan berat badan cepat tanpa olah raga - Berat badan naik bikin kamu tambah frustasi? Sudah coba banyak teknik tapi masih belum berhasil? Mungkin kamu perlu beberapa tips ini biar berat badanmu gak nambah terus. Walaupun penting, tapi tips-tips ini sering dianggap remeh sebagian orang lho. Beberapa tips ini emang simple sih dan biasa dilakukan orang, tapi dampaknya cukup besar buat nurunin berat badan.
7 cara menurunkan berat badan cepat tanpa olah raga

Dr. Ekky M. Rahardja, MS, SpGK, seorang Dokter Spesialis Gizi di Klinik Rumah Sakit Royal menyatakan bahwa sebagian besar kasus kelebihan berat badan terjadi karena pola hidup yang tidak sehat seperti makan makanan cepat saji, berlemak tinggi, gula tinggi, dan minum soft drink dan kondisi ini semakin buruk jika kurang aktivitas fisik seperti olahraga, lari atau jalan kaki.

Jadi apa kamu masih pakai pola hidup yang gak sehat? Ya, mending segera dirubah deh. Dan coba tips-tips berikut ini yang pasti akan membantumu buat merubah pola hidup yang gak sehat itu.

Beeikut 7 cara menurunkan berat badan tanpa olah raga


1. Jangan menunda makan, kemudian melampiaskannya pas waktu makan berikutnya


Cara menurunkan berat badan dengan tidak menunda makanan.

Jangan menunda waktu makan, karena itu berarti kamu ngerusak pola makan alami tubuhmu. Setiap makanan yang kamu konsumsi mengandung glokusa. Nah glukosa ini penting buat menambah semangat, daya ingat, konsentrasi, kinerja mental dan fisik. Seperti pendapat Evelyn Tribole () dalam bukunya yang berjudul Eating on the Run, pasokan glukosa di otak akan terganggu setelah 4 sampai 6 jam sejak kamu terakhir makan. Dengan rendahnya pasokan glukosa maka tubuhmu menjadi kurang efisien untuk menjalankan fungsi normalnya.

Maka dari itu, pola makan teratur sangat dianjurkan. Jangan terlalu menyiksa diri dengan menunda makan dan melampiaskan waktu makan yang tertunda pas waktu makan berikutnya. Karena hal itu menyebabkan penyerapan gizi yang gak teratur buat tubuh juga bikin lambungmu shock.


2. Berat badan bakal nambah kalau kamu bermalas-malasan


berat badan akan bertambah kalau malas beraktifitas

Jangan bermalas-malasan.

Manusia diciptakan untuk bergerak. Ingat pas pelajaran IPA waktu SMP, kalau ciri makhluk hidup adalah bergerak. Jadi kalau kamu cuma bermalas-malasan di depan TV, duduk lama di depan komputer, atau tidur-tiduran di atas kasur. Maka tubuh akan melawan kodrat ilmiahnya, yaitu bergerak. Selain itu, dengan bermalasan-malasan yang juga berarti malas bergerak menyebabkan lemak yang terus menumpuk tanpa dibakar sebagai pengganti energi.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh University of Hongkong pada tahun 2004 yang menyatakan kalau 20 persen kematian orang dewasa di usia lebih dari 30 tahun disebabkan karena kurangnya berolahraga. Hal yang sama dinyatakan Badan Kesehatan Dunia (WHO) kalau 30 persen resiko terjadinya kanker disebabkan oleh malasnya bergerak dan beraktifitas. Penelitian tersebut dilakukan tahun 2003.

Jadi mulai sekarang jangan malas-malasan ya, apalagi niatmu ingin nurunin berat badan udah gede banget.


3. Jangan sering menunda makan malam

makan pada tengah malam bisa Menambah berat badan.

Jangan menunda-nunda makan,
Lebih baik makan malam antara jam 7 sampai jam 8, dan jangan sampai terlambat. Karena kalau jam 9 biasanya orang udah mulai ngantuk dan setengah jam kemudian berangkat tidur. Nah, kalau kamu makan malam jam 9 terus setengah jam kemudian udah ngantuk, makanan yang dicerna akan lebih mudah menumpuk kalori yang gak terbuang dari aktifitas setelahnya.

Direktur The Weight Control Program bernama Dr. Louis J. Aronne mengungkapkan fakta bahwa orang yang makan larut malam, akan memiliki porsi lebih banyak dari orang yang makan tidak larut malam. Hal itu juga dapat menstimulasi naiknya Triglyceride (salah satu jenis lemak dalam tubuh) yang membuat tubuh rentan terserang penyakit jantung dan stroke.


4. Hindari ngemil pas tengah malam ngemil tengah malam menyebabkan berat badan bertambah


Hindari ngemil pas tengah malam.

Ngemil pas tengah malam sebenernya gak baik buat kesehatan. Selain bisa mengganggu jam makanmu, ngemil pas tengah malam juga punya efek serius jika kamu membiasakannya.

Salah satu peneliti dari University of California, Professor Christopher Colwell mengatakan bahwa makan tengah malam bisa merusak jam molekul dalam hippocampus. Hippocampus merupakan bagian dari sistem limbik dan berperan pada kegiatan mengingat (memori) dan navigasi ruangan. Walaupun penelitian tersebut dilakukan pada tikus, tapi setidaknya hasil sementara tersebut dapat mewakili sistem kerja otak manusia ketika ngemil pas tengah malam. Baca Cara diet sehat


5. Jangan sampai dehidrasimu kamu anggap lapar


minum dulu daripada makan membuat berat badan bertambah

Kamu harus bisa bedain hedidrasi dan lapar.

Beberapa orang emang masih belum bisa membedakan dehidrasi dan lapar. Bahkan ada juga yang sebenarnya dehidrasi tapi dia nganggap dia sedang lapar. Maka dari itu kalau kamu merasa perutmu kosong, coba minum air putih dulu. Setidaknya tidak langsung makan, karena kamu juga masih dalam program penurunan berat badan kan? Kalau sekiranya habis minum masih kurang, makan aja, asalkan tidak berlebihan ya.


6. Hindari makanan yang banyak mengandung kalori


hitung kalori makananmu biar berat badan tidak bertambah

Pertimbangkan saat kamu makan makanan berkalori.

Kalau kamu bersungguh-sungguh, setiap yang kamu makan baiknya kamu hitung perkiraan kalori yang akan masuk ke tubuhmu. Perkirakan aja sebelum kamu keluar dari rumah, kamu mau makan apa aja sehingga pas pulang kamu gak ribet harus membakar kalori dengan olahraga. Nah, kamu juga dapat menghitung perkiraan berapa hari kamu bakal bisa nurunin berat badan dengan kalkulator penurunan kalori online di situs Majalah Kesehatan ini. Dengan begitu estimasi berapa hari berat badanmu turun akan lebih jelas.


7. Lihat informasi gizi dalam kemasan sebelum mengkonsumsinya


lihat informasi nutrisi biar berat badan gak nambah

Sebelum mengkonsumsi lebih baik lihat informasi nutrisinya dulu.

Pastikan kamu tahu apa yang akan masuk dan dicerna tubuhmu. Setiap makanan yang akan kamu beli, lihatlah informasi gizi di kemasannya. Apakah kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan gizi tubuhmu atau malah memperburuk keadaan tubuhmu.

Walau sekarang telah banyak makanan dengan label “Healthy Foods“, kamu harus tetap cermat melihat informasi gizinya. Dan yang paling bijak, rasakan apakah ada perbedaan positif setelah kamu mengkonsumsinya. Karena kemasan terkadang bisa menipu konsumen untuk mengharuskan mereka membeli karena kandungan gizi yang tinggi.
---iklan dibawah postingan---

Artikel Terkait