Penyebab Jerawat Di Dagu Dan Pipi

Penyebab jerawat di dagu dan pipi?Kenapa jerawat bisa muncul di bagian dagu dan kenapa penyebabnya sulit untuk dipastikan?

Pori-pori pada T-Zone (kelenjar minyak yang ada di dahi dan hidung) akan tersumbat saat lingkungan kotor, maka jerawat akan tumbuh di bagian yang lebih terekspos.

Saat remaja mungkin jerawat tersebut dianggap jerawat pubertas tapi saat dewasa pun jerawat bisa muncul di bagian dagu.
Penyebab Jerawat Di Dagu Dan Pipi

Apa saja penyebab jerawat dagu?


Penyebab jerawat pada dagu tergolong spesifik, sebagai berikut

Kulit kering

Kulit kering menyebabkan kelenjar minyak tidak dapat bekerja maksimal. Keringat pun tidak membantu kulit kering di iklim yang panas. Maka dari itu, fungsi sawar kulit untuk melindungi tidak bekerja efektif.

Cara mengatasi kulit kering selain dengan suplemen dan pelembab, bisa juga dengan pijat yang gunanya bisa melancarkan aliran darah.

Hormon yang tidak seimbang

Jerawat dagu muncul karena meningkatnya hormon laki-laki (testosteron). Ketika hormon tersebut meningkat, sekresi minyak lebih banyak dan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon agar kulit tidak menjadi terlalu berminyak.
Pada perempuan, jerawat dagu sering muncul sebelum pubertas karena keseimbangan hormon belum sempurna.

Cara mengatasinya bisa dengan mengonsumsi susu kedelai atau buah delima untuk menaikkan hormon wanita (estrogen). Namun mengonsumsi terlalu banyak akan hormon menjadi tidak seimbang.

Kekurangan tidur

Kurang tidur dapat merusak keseimbangan hormon sehingga muncul jerawat dagu.

Stres yang bertubi-tubi dapat membuat anda sulit tidur sehingga keseimbangan hormon buruk atau kekebalan tubuh melemah. Maka dari itu, jangan sepelekan istirahat malam hari!

Sirkulasi gizi yang buruk

Jerawat dapat muncul karena gizi tidak dapat dialirkan dengan baik akibat imunitas yang menurun atau kinerja limpa yang buruk.

Cara mengatasinya bisa dengan pijat karena bisa melancarkan aliran getah bening serta dengan mengonsumsi sayuran akar-akaran.

Makanan

Makanan tentu saja sangatlah penting. Vitamin B yang berkurang akan mengakibatkan jerawat.

Cara mengatasinya adalah dengan makan makanan yang kaya vitamin B seperti kedelai. Suplemen seperti ChocolaBB juga akan membantu untuk menambah asupan vitamin B

Mari mengganti perawatan kulit

Jika Anda tidak bersih menghapus make-up, jerawat bisa muncul. Penting sekali untuk mencuci bersih makeup. Namun perlu diingat bahwa setelah itu kulit Anda menjadi kering maka setelah itu sebaiknya menggunakan pelembab.

Penyebab jerawat dagu adalah kulit kering dan hormon laki-laki. Keratin yang mengeras dan yang tersumbat juga merupakan penyebab yang sering terjadi. Pelembab kulit bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi atau mencegah terjadinya masalah ini.

Bila Anda memperhatikan, jerawat dapat menyebar ke daerah bawah pipi. Hal yang biasa dilakukan adalah mengganti make-up atau pembersih muka, namun terkadang tidak menimbulkan efek apapun. Hal ini tentu membuat Anda kesal bukan?

Seandainya cara-cara tersebut berhasil pun, terkadang apabila jerawat sudah berkurang, beberapa saat kemudian muncul lagi bukan? Anda pun terpaksa harus melakukan cara-cara di atas lagi yang sebenarnya kurang tepat.

Jadi apa sebenarnya penyebab jerawat di pipi?


Jerawat bisa disebabkan oleh diet atau kurang tidur. Bisa juga disebabkan oleh gangguan pada keseimbangan hormon atau stress. Bahkan bisa disebabkan juga oleh efek deterjen serta masih banyak lagi.

Apa saja penyebab-penyebab jerawat bagi Anda? Apakah termasuk salah satu dari alasan yang kami sebutkan?

Makanan

Anda pasti pernah mendengar orang bilang bahwa coklat dapat menyebabkan jerawat bukan? Mengonsumsi makanan manis seperti coklat, berminyak dan gorengan yang berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan sekresi minyak dari kulit yang menimbulkan jerawat. Makanan yang berminyak seperti nasi goreng pun sebisa mungkin dibatasi dan dikonsumsi secukupnya.

Minuman k3ras

Mengonsumsi alk#h#l akan membuat hati Anda bekerja lebih keras. Saat fungsi hati melemah karena beban tersebut, akan menimbulkan kondisi yang tepat bagi jerawat untuk tumbuh di pipi. Oleh karena itu, dianjurkan mengurangi frekuensi minum minuman k3ras. Misalnya, dari mengonsumsi setiap hari menjadi 3-4 hari saja.

Gangguan keseimbangan hormon

Gangguan hormon dapat terjadi karena kurang tidur dan stress sehingga menyebabkan jerawat dewasa yang timbul di pipi. Pada wanita biasanya keseimbangan hormon yang terganggu dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Maka dari itu, terkadang sangat penting untuk bersantai dan menghilangkan stress.

Stress

Stres karena pekerjaan atau stress karena hubungan dapat menyebabkan adanya hormon yang tidak dikeluarkan sehingga fungsi otak yang melemah. Hormon yang tidak dikeluarkan ini menyebabkan keadaan kulit menjadi lebih sensitif sehingga jerawat di pipi dapat timbul.

Bantal yang kotor


Adanya kuman pada bantal adalah salah satu penyebab jerawat di pipi

Sekresi minyak yang kurang pun dapat menyebabkan jerawat. Sekresi sebum dari kelenjar minyak yang berlebihan tentu dapat menyebabkan jerawat. Namun ada kondisi saat pori-pori mudah tersumbat dan melemahkan fungsi kulit sehingga kulit menjadi kering. Maka terkadang pori-pori pun dapat tersumbat karena sekresi minyak yang sedikit.

Hal tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menimbulkan jerawat di pipi. Maka dari itu, marilah kita coba dari mengurangi stress yang biasanya merupakan awal mula dari hal-hal ini.

berenang di pantai dengan pakaian renang, jerawat muncul. Atau saat sedang duduk di kantor tiba-tiba merasa kesemutan dan gatal.

Hal-hal ini terlihat buruk bukan? Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah-masalah ini?

Apa penyebab jerawat di bagian pantat?

Kulit pada bagian pantat berbeda di banding bagian tubuh lainnya.

Karena…

Padat

Berat badan yang diterapkan ketika duduk

Banyak gesekan

Anda bisa menyadarinya saat menyentuh pantat Anda akan terasa agak kasar. Apabila demikian, kemungkinan metabolism kurang lancar sehingga lebih mudah tersumbat pori-pori kulit pada bagian pantat yang menyebabkan jerawat.

Ditambah dengan banyak stress atau gatal karena kurang higenis akan menjadi penyebab jerawat juga.

Pencegahan dan penanggulangan

Cara mencegah dan tindakan untuk jerawat di bagian pantat yang tidak kunjung sembuh. Serta tindakan untuk himpitan pantat yang gatal atau sakit karena jerawat.

Pencegahan adalah langkah-langkah yang lebih tepat dibandingkan penanggulangan agar bisa mencapai kondisi ‘sembuh total’.

Untuk menyembuhkan jerawat di bagian pantat penting sekali metabolism untuk berjalan lancar, terkadang dengan bantuan pelembab. Terkadang situasi yang pengap akan menyebabkan fungsi sawar kulit pada bagian pantat tidak berjalan lancar sehingga dapat menyebabkan jerawat.
Maka untuk membantu metabolisme tersebut dapat menggunakan bedak bayi, baby oil, atau vaselin.

Namun cara-cara tersebut belum tentu menuntaskan masalahnya karena hanya bekerja di permukaan kulit saja. Dari dalam tubuh kita harus menjaga kondisi dan kesehatan agar metabolisme tetap terjaga untuk kondisi tubuh yang sehat sehingga tidak memungkinkan jerawat untuk tumbuh.

Bisa juga memakai pakaian yang ramah pada kulit atau setidaknya yang tidak membuat kondisi terlalu lembab bagi kulit.

Biasanya Jerawat di dahi muncul karena efek pubertas, tapi pada orang dewasa berumur 20an atau bahkan 30an, terkadang bisa juga muncul.
Selain itu, jerawat bisa muncul banyak sekaligus dan Anda pun menjadi khawatir. Apakah perawatan kulit Anda salah? Atau ada penyebab lain?

Mari kita lihat penyebab-penyebab dan cara mengatasi jerawat di dahi pada umur 20-an atau 30-an.


Pertama-tama, apa penyebab jerawat tersebut?

Aduh! Bagaimana sih cara membasmi tuntas dengan cepat jerawat-jerawat di dahi saat awal umur 20-an?

Dahi adalah termasuk pada zona T di mana sekresi kebanyakan terjadi. Maka dari itu, kemungkinan pori-pori tersumbat bakteri dan menimbulkan jerawat yang banyak sangatlah besar.

Hal tersebut tidak dapat dihindari, tapi ada juga penyebab yang lain.


Tidak bersih membilas sampo

Tentu banyak orang yang mengalami hal ini bukan? Hal ini menyebabkan dahi Anda gatal karena ada sisa-sisa sampo. Anda tidak mengalaminya? Coba Anda pegang bagian atas dahi Anda yang terdekat dengan rambut, bila ada jerawat-jerawat kecil maka hal ini terjadi pada Anda namun Anda tidak menyadarinya.


Keringat

Aduh! Bagaimana sih cara membasmi tuntas dengan cepat jerawat-jerawat di dahi saat awal umur 20-an?

Walaupun keringat dapat dibersihkan dengan mencuci muka, terutama bagian pipi dan hidung, keringat yang sudah kena rambut akan mengotori bagian dahi. Maka jerawat pun bisa terjadi.


Poni

Aduh! Bagaimana sih cara membasmi tuntas dengan cepat jerawat-jerawat di dahi saat awal umur 20-an?

Poni merupakan ‘perangkap yang tidak terduga’ untuk jerawat. Biasanya orang-orang yang mempunyai poni akan lebih mudah terkena jerawat di dahi. Hal ini dikarenakan oleh rambut yang kotor sehingga lebih mudah menyebarkan bakteri-bakteri pada dahi.


 Cara menghilangkan jerawat pada umur 20an

Aduh! Bagaimana sih cara membasmi tuntas dengan cepat jerawat-jerawat di dahi saat awal umur 20-an?

Cara terbaik untuk mengobatinya adalah untuk mengatasinya terlebih dahulu sebelum berkepanjangan. Coba langsung dilakukanlah cara-cara mengatasi tersebut. Hal tersebut akan membersihkan bagian-bagian rawan jerawat sehingga lebih tidak rentan untuk tumbuhnya jerawat .


Subscribe to receive free email updates: