10 Cara mencegah jerawat di wajah muncul kembali

10 Cara mencegah jerawat di wajah muncul kembali
Cara mencegah jerawat - Kendati hanya berbentuk bintik / bisul kecil, jerawat kerap kali menpengaruhi rasa percaya diri seseorang terhadap wajahnya. Untuk mencegah timbulnya jerawat, anda memang dapat mencegahnya setiap saat (atau meminimalisir) munculnya jerawat dengan rajin membersihkan wajah dari minyak. Akan tetapi, terkadang jerawat bandel masih saja datang menyelinap ke kulit wajah .

tips cara mencegah jerawat muncul di wajah


1. Tidak Memencet Jerawat


Bagi yang wajahnya sering muncul jerawat, tentunya kebiasaan jahil untuk memencet-mencet jerawat tak bisa dihindari. Meskipun terkesan sepele, akan tetapi hal tersebut dapat menimbulkan masalah lain pada jerawat. Memencet jerawat tidaklah terlalu dianjurkan, terlebih dalam tangan manusia umumnya 90% mengandung kuman penyakit yang dapat menyebabkan iritasi ataupun lecet.

2. Hindari Sinar Ultraviolet Secara Langsung


Sinar Ultraviolet (matahari) membuat zat-zat antibiotik jerawat menjadi lebih peka terhadapnya. Bila anda menggunakan pengobatan untuk menangani jerawat, disarankan agar menghindari sengatan cahaya matahari secara langsung. Jika anda berprofesi sebagai orang yang sering bekerja diluar / lapangan, disarankan agar memakai pelindung, misalnya topi dsb.

3. Konsultasikan Dengan Dokter

10 Cara mencegah jerawat di wajah muncul kembali

Tidak ada hal lain yang lebih baik selain berkonsultasi masalah jerawat anda dengan ahlinya. Bila jerawat mengalami iritasi / memburuk, mengunjungi dokter adalah solusi terbaik. Karena anda perlu mendapatkan penanganan yang lebih benar sebelum keadaan jerawat anda semakin parah.

4. Jangan Berganti-ganti Produk Kosmetik


Banyak orang yang senang berganti-ganti produk kosmetik dengan maksud untuk melihat hasilnya secara cepat sekaligus untuk bereksperimen. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang yang berkulit sensitif. Selain itu, anda perlu memberikan waktu setidaknya 3 minggu untuk sebuah produk kosmetik untuk mulai menampakkan hasilnya.



5. Rutinkan Memberi Pengobatan


Bagi yang ingin jerawatnya cepat hilang tentunya diperlukan perawatan rutin dan rajin memberikan pengobatan pada jerawat. Hal terbaik untuk mengoleskan obat jerawat adalah ketika malam hari sebelum tidur atau dibarengi saat sedang mencuci tangan-kaki sesaat sebelum tidur.

6. Hindari Pakaian Yang Terlalu Ketat


Pemakaian pakaian yang terlalu menekan kulit dapat menimbukan rasa gerah dan menyebabkan bercak pada kulit. Perasaan gerah dan tidak nyaman dapat memicu keringat dan meningkatnya reaksi hormon pada kulit termasuk wajah untuk berkeringat. Hal tersebut dapat menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat.

7. Batasi Waktu Berlama-Lama Di Dapur


Dapur adalah salah satu tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Tempat-tempat yang panas seperti dapur maupun sauna dapat menghilangkan cairan tubuh sehingga membengkaknya kulit dapat memicu tersumbatnya kotoran. Hal ini dapat beresiko memicu munculnya jerawat.

8. Perhatikan Obat Yang Anda Konsumsi


Beberapa jenis obat seperti antiepilepsi, kortokosteroid dapat menbuat jerawat semakin parah. Mungkin pada suatu ketika anda membutuhkan obat tersebut. Namun tanpa disadari, zat-zat tertentu pada obat dapat membuat jerawat anda tidak membaik, malah semakin memburuk. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi obat-obat yang mengandung 2 zat diatas, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

9. Tidur Secukupnya


Tidur adalah makanan bagi mata dan tubuh. 8 jam adalah periode waktu tidur yang paling disarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan. Tidur memberikan waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan sel-sel tubuh yang rusak. Tidur dapat membantu melawan infeksi serta proses pemulihan jerawat.

10. Olahraga Teratur


Olahraga memang menyehatkan. Akan tetapi setelah berolahraga tentunya kita akan berkeringat. Dan keringat yang berlebih dapat memperburuk kondisi jerawat karena sudah tentu sehabis berolahraga keringat akan bercampur dengan kotoran atau debu. Akan tetapi hal ini bukan menjadi penyebab utama anda agar tidak berolahraga karena efek olahraga dapat melepas tingkat stres yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Yang harus anda perhatikan adalah agar segera membersihkan diri setelah selesai berolahraga.

Demikianlah informasi mengenai Jerawat Muncul? Lakukan 10 Tips Berikut! Semoga bermanfaat :-)

Subscribe to receive free email updates: